Bapak Rudiyanto menjawab soal bolehkan berinvestasi di VGMC

Bapak Rudiyanto menjawab soal bolehkan berinvestasi di VGMC, terkait berita propaganda vgmc yang semakin heboh dan mengganggu dunia …

[dikopi (sebagian) dari http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2012/08/31/pasar-asing-selalu-benar/ %5D
bambang
September 4th, 2012 at 00:08 | #3 Reply | Quote
Kepada Yth. Bapak Rudi
Saya tidak terlalu banyak mengerti mengenai produk saham, tapi saya mau menanyakan apakah menanam saham di vgmc.com menurut bapak apakah saya sudah benar ? kemudian bagaimana saya menilai bahwa investasi saham di vgmc itu benar ?
Mohon solusinya dan terima kasih sebelumnya

Rudiyanto
September 5th, 2012 at 12:06 | #4 Reply | Quote
@bambang
Selamat Siang pak Bambang,
Terkait bagaimana cara menilai apakah jika dana ditanamkan di suatu tempat benar atau tidak dalam konteks instrumen tersebut adalah saham, ada beberapa masukan dari saya. Sebelum berinvestasi anda harus mengecek beberapa hal antara lain:
1. Apakah perusahaan itu telah terdaftar di Indonesia? Jika tidak bagaimana anda bisa tahu perusahaan tersebut benar ada atau tidak?
2. Dalam konteks perusahaan tersebut menerima setoran dana dari masyarakat, apakah perusahaan tersebut sudah mendapat izin dari BAPEPAM-LK, BAPPEPTI, atau Bank Indonesia? Sebab tidak sembarang perusahaan boleh melakukan penghimpunan dana dari masyarakat umum. Dan jika bermasalah, kemana anda mau mengadu?
3. Apakah dana yang anda setorkan tersebut disimpan di dalam bank kustodian yang membuat si pemegang rekening tidak punya kesempatan untuk membawa kabur dana tersebut? Dalam konteks reksa dana, dana investasi disimpan dalam rekening bank kustodian yang pelaksanaannya diawasi oleh Bank Kustodian untuk memastikan Manajer Investasi tidak keluar dari jalurnya. Apakah di instrumen yang anda investasikan tersebut juga menawarkan fasilitas serupa?
4. Apakah anda sudah mempelajari modus penipuan di Koperasi Langit Biru, Dressel (WBG), investasi amanah dan banyak sekali kasus penipuan lainnya dan membandingkan dengan tempat anda mau berinvestasi ini. Apakah memiliki skema yang sama?
5. Terakhir tidak ada investasi yang dijamin. Semakin tinggi return maka semakin tinggi pula risikonya. Jadi sangat penting untuk memahami faktor risiko tersebut.
Semoga bermanfaat.

bambang
September 13th, 2012 at 13:09 | #5 Reply | Quote
terima kasih pak rudi atas masukannya. Untuk di vgmc memang tidak terdaftar di bappepti dsb di indonesia karna masih bersifat internasional dan merekapun masuk ke dalam rekening person yang mewakili perusahaan vgmc. Setiap pengumuman/pemberitahuan bahwa dana masuk/keluarpun langsung kita terima lewat sms/email dari nomor luar negeri (dubai, kantor operasional vgmc). Dan orang orang perusahaan vgmc pun juga pernah datang ke indonesia dengan banyak mengundang banyak orang baik di jakarta maupun padang. pengembaliannya dengan sistem dividen 9 – 11 % tergantung dari naik turunya nilai emas (dalam bentuk try once). Pencairan sebulan sekali setiap tanggal satu dan proses seminggu baru cair di rekening kita masing2 dengan pengirim atas nama person juga (perwakilan yang ditunjuk oleh vgmc). Nah sekarng bagaimana kita mengetahui bahwa vgmc terdaftar di dubai secara legal ? atau terdaftar secara international ? kalau pengaduan secara international kemana tujuannya ? vgmc punya tambang emas di afrika selatan dan di amerika, terima kasih pak rudi, mohon informasinya

Rudiyanto
September 13th, 2012 at 18:01 | #6 Reply | Quote
@bambang
Yth Pak Bambang,
Jika sudah tidak terdaftar di Indonesia dan hanya untuk memahami bisnis perusahaan saja sudah sedemikian susahnya, maka saran saya sebaiknya tidak berinvestasi disitu. Investasilah pada instrumen dan perusahaan yang anda pahami.
Semoga bermanfaat.

Beri Tanggapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s